Drssuharto’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

HARGA SEBUAH PRESTASI DI INDONESIA Maret 4, 2008

Filed under: Tidak terkategori — drssuharto @ 4:17 pm

Sebagai faktor utama dalam melihat daya saing yang sangat penting adalah kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Pendidikan merupakan inti utama dari berbagai faktor daya saing tersebut. Belajar dan terus belajar merupakan suatu motivasi tersendiri bagi seseorang untuk dapat meraih suatu kesuksesan. Pendidikan di Indonesia sudah menginjak lebih dari satu abad terhitung sejak kemerdekaan RI (Republik Indonesia) dikumandangkan. Tetapi apakah selama itu perkembangan pendidikan di Indonesia mengalami suatu kemajuan atau bahkan kemunduran? Anda tentu dapat menjawab sendiri !!!

Dilihat secara rasional pendidikan di Indonesia terlalu banyak mengalami perubahan dan penambahan baik terhadap kurikulum maupun tata pola sistem pendidikan itu sendiri. Sebagai gambaran sederhana saja, kita lihat perbandingannya dengan sistem pendidikan di negara-negara tetangga kita, sebut saja sebagai contoh, Jepang. Seperti kita ketahui, dahulu Jepang terkena ledakan Bom Nagasaki dan Hiroshima dimana Jepang diporak-porandakan seluruh sistem pemerintahan dan segala aspek pendukung lainnnya. Jepang memang negara yang penuh dengan semangat untuk meraih suatu kemajuan, setelah Jepang terkena serangan bom tersebut, Jepang mempunyai suatu strategi yang sangat jitu…yaitu mengirimkan beberapa pelajarnya untuk belajar pada negara-negara yang sudah mempunyai sistem kualitas pendidikan yang maju. Setelah para pelajar tersebut selesai menuntut ilmu di negara lain Jepang dengan sigap dan cekatan menarik semua pelajar-pelajar tersebut kembali ke Jepang, dengan memberikan fasilitas dan mencukupi semua kebutuhan yang diperlukan. Jepang menghargai jerih payah masyarakatnya yang mempunyai tingkat intelegensi tinggi baik dalam dunia kerja, pendidikan dan beberapa sektor lainnya.

Apa yang dapat kita petik dari negara Jepang tersebut ? Jepang menghargai masyarakatnya yang mempunyai skill terbilang “mumpuni” (jawa : kelebihan) dibanding masyarakat biasanya. Sekarang mari kita lihat di negara kita tercinta ini. Apakah negara kita menghargai masyarakatnya yang mempunyai suatu tingkat keahlian dan kecerdasan yang lebih tinggi dibanding masyarakat biasa ??? …menurut pendapat saya, negara ini belum begitu menghargai hal tersebut. Dapat kita ambil contoh dalam beberapa pekan ini negara kita sempat digemparkan dengan diberitakannya bahwa pemenang kompetisi Coding dunia berasal dari Indonesia. Junius Albertho, seorang mahasiswa Universitas Sumatera Utara jurusan ilmu komputer. Tetapi apa yang diterima seorang Top Coder Junius tersebut dari negeri tercinta ini??? Indonesia belum bisa menghargai jerih payah tersebut. Mungkin saja seandainya mampu dan mau memperhatikan tunas bangsa yang mempunyai kekokohan berpikir seperti Junius, Indonesia akan dengan begitu cepat mencapai puncak kejayaan pendidikan.

Bahan diatas dapat dijadikan cermin negara tercinta Indonesia untuk dapat lebih memperhatikan nasib pejuang dan tunas bangsa yang mempunyai pemikiran cerdas, untuk membuat kemajuan pendidikan, teknologi dan segala bidang lainnya. Belajar merupakan suatu ibadah bagi umat manapun, tetapi tidak cukup dengan belajar semuanya akan berubah perlu dukungan lainnya. (bdx)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s